Skip to main content

Featured

Umroh bersama Shafira Tour & Travel Surabaya

Assalamu'alaikum temen-temen, akhirnya saya putuskan buat menyambung cerita yang kemarin saat saya riweuh ngurusin vaksin meningitis ke KKP Juanda Surabaya ( KLIK DISINI ). Kali ini saya bakal review dan berbagi pengalaman saya umroh pada bulan Januari 2018 lalu sekeluarga dengan menggunakan jasa Shafira Tour & Travel Surabaya. Hayo, coba tanya deh siapa yang nggak tau travel fenomenal satu ini. Travel ini bisa dibilang paling hits se-Jawa Timur dan selalu jadi rekomendasi orang-orang. Bapak/ibu pejabat di Jawa Timur semacam Gus Ipul dan Pak Karwo sekeluarga juga pasti andalannya kalo umroh sama haji pasti pake travel satu ini. Bahkan yang terbaru yang saya dengar langsung dari cerita si owner dan CEO-nya, siapa lagi kalo bukan Bapak Andi Alamsyah , Shafira adalah travel yang kedapetan megang jama'ah haji terbesar se-Indonesia untuk keberangkatan tahun 2018 ini. Subhanallah ya Pak, Alhamdulillah. Sukses terus bisnisnya. Ceritanya saat itu saya dan keluarga memilih

Membeli Tiket Universal Studios Jepang (USJ) di Surabaya

Yap, akhirnya setelah berjuang mengarungi lautan situs, blog sampai forum diskusi hasil kepo dari google, tiga tiket Universal Studios Japan (USJ) sudah di tangan! Siap berangkat! Disini saya melanjutkan cerita tentang persiapan saya mengunjungi negeri sakura, setelah sebelumnya saya membagikan pengalaman saya tentang cara mengurus visa Jepang (KLIK DISINI) dan membeli JR PASS (KLIK DISINI), maka postingan kali ini akan menjawab bagaimana cara membeli dan mendapatkan tiket USJ dari Indonesia, khususnya dari Surabaya yah!

Jadi cerita awalnya bermula dari saya dan teman-teman yang keterima program pertukaran pelajar selama 10 hari di Tohoku University, kota Sendai, Jepang bagian utara sana, dan kami berpikir karena sudah terlanjur sampai disana, maka sekalian sajalah dibuat jalan-jalan plesir mengunjungi berbagai kota *mumpung lagi bebas klinik*. Alhasil kamipun menambah beberapa hari (extend) jadwal kunjungan kami ke Jepang, untuk mengunjungi kota yang katanya wajib dikunjungi buat first time traveller seperti kami yakni Osaka, Kyoto dan Tokyo.

Mengunjungi Osaka, tentunya kunjungan yang tidak boleh terlewatkan ialah datang ke taman bermain (theme park) tersohor dan paling happening sekarang, Universal Studios Japan (USJ), yang dimana di dalamnya ada wahana The Wizarding World of Harry Potter, yang dimana wahana ini cuma ada dua di dunia, satu di Florida dan satu lagi di Osaka ini. Kebayang banget kan kita semua pecinta berat dari Harry Potter series, dari kecil udah mimpi bisa ke Hogwarts, jadi murid disana dan ternyata ada kesempatan buat mewujudkannya, langsung deh dengan semangat membara kami pastikan kami harus kesana saat itu! Kami harus kesana!

The Wizarding World of Harry Potter Universal Studios

Jadwal perjalanan (itinerary) telah kami susun sedemikian rupa, dan setelah membaca berbagai macam review tentang USJ yang mengatakan USJ sungguh teramat ramai, penuh, 3x lipat lebih ramai ketimbang USS, bahkan sebelum jam buka sudah banyak yang mengantri, maka demi efektivitas waktu karena kami ingin mencoba banyak wahana *terutama Harry Potter pastinya* kamipun memutuskan untuk membeli tiket USJ terlebih dahulu dari Indonesia, ketimbang harus membuang waktu disana mengantri langsung di ticket box pada saat hari H.

Sesuai postingan saya yang lalu sebenarnya tiket USJ sendiri di Surabaya dapat dibeli di H.I.S. Tours & Travel, di tempat saya membeli JR PASS lalu (KLIK DISINI). Namun karena saat saya datang 2x disana selalu mengatakan stok tiketnya habis, maka saya pun harus mencari-cari kembali agen perjalanan lain yang menjual tiket USJ ini. Nah, mencari agen perjalanan lain di Surabaya yang menjual tiket USJ sendiri tidaklah semudah seperti menemukan agen perjalanan yang menjual tiket USS (Universal Studios Singapore), karena tidak banyak yang menjualnya. Saya kemudian mendapatkan informasi melalui situs resmi USJ, yang menuliskan bahwa kita dapat membeli tiket USJ (advance tickets) melalui beberapa travel agency di Indonesia yang telah berpartner dengan mereka, antara lain seperti Jalan Tour, Golden Rama, Panorama Tours dan Smailing Tour.

Setelah googling lagi dan akhirnya kami mendapatkan informasi kalau dari keempat nama travel tadi, dua diantaranya memiliki kantor di Surabaya, yakni Golden Rama dan Panorama Tours. Saya pun segera menghubungi dua agen tersebut. Pertama, saya menghubungi Panorama Tours terlebih dahulu melalui 24 hours livechat di situs resmi mereka, dan ternyata nggak sampe lima menit chat kita udah dibalas! *fast respond* Hasilnya sang petugas mengatakan kita dapat membeli tiket USJ seharga Rp 822.000 dengan langsung menghubungi atau datang ke kantor cabang di Surabaya (alamat dan peta lokasi saya cantumkan di akhir postingan ini). Saya pun kemudian mencoba menelpon langsung kantor Panorama Surabaya, namun setelah 3x mencoba telpon selalu line-nya sibuk. Alhasil saya akhirnya pun langsung datang ke kantornya.

Kantor Panorama Tours Cabang Surabaya - Jl. Kayoon (Google Street View)

Di kantor Panorama Tours Surabaya sendiri, untuk pembelian tiket USJ dilayani di lantai 2, bersama dengan penjualan tiket theme park lain seperti USS. Kebetulan saat itu saya datang kesana sore hari sekitar jam 3 dan dilayani oleh petugas bernama mbak Jingjing dan satu mbak-mbak lagi di sebelahnya *halo mbak*. Disana mbak Jingjing dengan sangat amat ramah mengatakan untuk biaya tiket USJ sendiri ialah Rp 822.000 per orang *sama kayak yang dibilang petugas livechat* namun tiket USJ ini tidak ready stock alias harus dikirim dari kantor pusat di Jakarta dalam jangka waktu 2-3 hari kerja *kata mbak Jingjing sudah pasti diterima dalam jangka waktu tersebut, ga mungkin mundur*. Nah karena saat itu kurs yen lagi naik-naiknya akibat devaluasi yuan *sebel*, saya coba hitung deh berapa harga tiket USJ jika langsung beli disana dalam rupiah. Ternyata kita mendapat harga lebih murah jika membeli di Panorama! Harga mereka dibawah kurs seharusnya saat itu.

Saat itu juga sayapun sudah langsung menyetujui untuk segera memesan tiga tiket USJ, apalagi tanggal keberangkatan saya ke Jepang sudah kurang 1 minggu dari hari itu, saya pikir lebih cepat pesan maka lebih cepat juga tiket dikirim, namun mau apa dikata internet di kantor Panorama Surabaya saat itu sedang tidak bersahabat alias trouble, padahal segala reservasi dan pengecekan stok tiket harus dilakukan via komputer. Mbak Jingjing sudah berusaha melakukan reservasi melalui telepon langsung ke kantor pusat, namun tetap ditolak. Setelah menunggu sekitar 15 menit dan sistem internet mereka tetap trouble, akhirnya saya diminta untuk meninggalkan nomor telepon dan nama terlebih dahulu, dijanjikan akan dihubungi keesokan harinya tentang ketersediaan stok tiket USJ di kantor pusat. Saya pun akhirnya pulang dengan tangan hampa dan harapan palsu lagi *curcol*.

Tidak ingin segera putus asa, karena sebelumnya saya mendapatkan informasi bahwa di Golden Rama juga menjual tiket USJ dan mereka ada cabang di Surabaya, sepulang dari Panorama saya langsung mencoba datang ke kantor Golden Rama, kan tidak apa-apa pikir saya sekedar tanya iseng-iseng kesana sembari menunggu kejelasan stok tiket dari Mbak Jingjing, siapa tau harganya lebih murah ataupun stok tiket USJ disana sudah jelas available dan dapat dibeli. Harapan tiket USJ di tangan pun datang kembali. Begitu tiba di kantor Golden Rama, di Ruko Darmo Square Jl. Raya Darmo Surabaya, tidak sampai ada 10 detik saya sudah keluar dari kantornya, karena begitu saya masuk saya menanyakan "Apakah bisa membeli tiket USJ?", para petugas disana langsung menjawab dengan serempak "Mohon maaf disini belum bisa membeli tiket USJ, bisanya USS", yah saya pulang benar-benar dengan tangan hampa, harapan itu sirna kembali *hiks*.

Pulang sampai di rumah pun kepikiran terus gimana ya bisa beli tiket USJ duluan daripada ngantri disana buang waktu, udah kebelet banget ke Hogwarts, mana disana kalau mau ke area Harry Potter kan harus ambil tiket berwaktu (timed tickets) yang jumlahnya dibatasi tiap harinya, jadi misal kalo dateng agak siang dikit pasti udah bakal kehabisan tiketnya dan pupus sudah impian kecil saya dan teman-teman. Saya pun googling lagi tetap kukuh pendirian untuk beli tiket USJ terlebih dahulu, saya akhirnya menemukan beberapa alternatif, misalnya membeli tiket di mesin penjualan tiket di minimarket Lawson di Jepang sana di hari sebelum mengunjungi USJ (KLIK DISINI), yang dimana mesinnya full tulisan Jepang, jadi biar lebih meyakinkan kayaknya harus minta bantuan petugas minimarketnya langsung buat ngebeliin. Pilihan lainnya ialah memesan melalui Mikata (KLIK DISINI), dimana Mikata ini ialah seperti layanan yang disediakan oleh orang-orang Jepang sana yang akan membantu segala kebutuhan kita untuk mengunjungi Jepang, salah satunya ialah untuk pembelian tiket USJ. Nantinya tiket USJ ini akan dikirimkan langsung ke tempat atau hotel kita menginap oleh mereka, maka dari itu sistem pembayarannya harus langsung ke Jepang sana, melalui Western Union ataupun PayPal. Saya coba melontarkan ide ini ke teman-teman saya, namun mereka ragu untuk menggunakan jasa Mikata, dan lebih baik memilih membeli di Lawson ataupun langsung ngantri pagi-pagi buta di ticket box USJ langsung pada hari H.

Terus coba googling lagi, eh nemu akun resmi facebooknya Golden Rama, coba deh iseng-iseng ngirim pesan nanyain tiket USJ, dan ternyata dibalaslah pesan saya, mereka mengatakan menyediakan pembelian tiket USJ namun hanya di kantor pusat di Jakarta, untuk di luar kota dapat langsung menghubungi email resmi mereka (operation.package@golden-rama.com) maupun telepon ke (021) 29631988 (Package Division). Saya pun coba mengirim email dan keesokan harinya pagi-pagi dibalaslah pesan saya yang mengatakan jika membeli tiket USJ melalui mereka, terdapat 2 macam tiket yakni fisik dan elektronik. Kalo mau beli yang fisik, tiket nanti akan dikirimkan melalui ekspedisi. Nah, jika ingin lebih fleksibel, disarankan beli tiket elektronik yang nanti akan dikirimkan melalui e-mail, dan nanti kita cetak sendiri dan ditukarkan tiket saat di USJ sana. Harapan saya pun muncul kembali, tapi entah kenapa tidak dengan teman-teman saya. Alasan mereka ialah tidak cocok dengan harga yang ditawarkan dan ketidakpastian sampai barangnya dalam waktu dekat dengan tepat waktu apabila nanti dikirim melalui jasa ekspedisi, akan lebih baik jika dikirim langsung dengan berkoordinasi dengan kantor Golden Rama cabang Surabaya. Alhasil saya pun sudah bersiap-siap untuk melakukan opsi terakhir, yakni membeli tiket di Jepang langsung.

Siang harinya, pucuk dicinta ulam pun tiba, ternyata Mbak Jingjing menghubungi saya dan mengatakan stok tiket USJ mereka tersedia dan dapat dipesan saat itu juga *super bahagia*. Tanpa berpikir 2x dan bertanya terlebih dahulu pada teman-teman, saya langsung mengiyakan penawaran itu. Saya diminta melakukan pembayaran terlebih dahulu dengan transfer ke rekening Panorama. Setelah sekitar 15-30 menit mereka mengkonfirmasi pembayaran saya, Mbak Jingjing pun menghubungi saya kembali untuk meminta data nama lengkap dan alamat sesuai KTP untuk melakukan reservasi. Sesuai yang dijanjikan sebelumnya, Mbak Jingjing memastikan kembali tiket akan diterima dalam sekitar 2-3 hari kerja setelahnya *akhirnya harapan ini membuahkan hasil*.

Sehari setelahnya, sekitar jam 3 sore saya dihubungi oleh Mbak Jingjing jika tiket USJ sudah tiba di kantor *gokil cepet abis*. Pelayanan Panorama Tours dari awal emang oke banget, dari awal saya livechat sampai pembelian tiket bener-bener profesional dan memuaskan! Semuanya fast respond, bahkan tiket ini datang hanya dalam 1 hari kerja saja, lebih cepat dari yang dijanjikan! Bahkan Mbak Jingjing juga menanyakan apakah tiket mau diantar atau diambil langsung ke kantor, ternyata mereka juga menyediakan layanan pengantaran *applause bahagia*. Karena kebetulan saat itu posisi saya sedang di tengah kota, yang terhitung tidak jauh dari kantor Panorama, saya pun memutuskan untuk langsung datang ke kantor Panorama untuk mengambil tiketnya *ga sabar juga lagian megang tiketnya*.

Sampai di kantor Panorama, Mbak Jingjing dan mbak-mbak di sebelahnya menyapa kami kembali. Mbak-mbak itu kemudian mengeluarkan sebuah amplop dari loker di depannya dan mengeluarkan tiket di dalamnya sambil mengatakan "wah, ini sebenernya saya sedih juga ya, gimana gitu, tiketnya soalnya cuma kayak gini doang". Jedaaaar! Bayanginnya dari awal udah bakalan kayak tiket USS yang tebel berlipat-lipat bahkan lebih bagus karena harganya lebih mahal daripada tiket USS, eh lha kok ternyata tiketnya cuma lembaran kertas tipis berukuran kecil, seukuran KTP kali ya, dengan bahan bener-bener kertas, bahkan sama bahan bikin kartu nama lebih tebel kartu nama *oh my God*. Tapi gimanapun udah lega banget, tiket USJ sudah di tangan, sudah siap berperang di Jepang, sudah siap menyerbu USJ, sudah siap menggapai impian pergi ke Hogwarts! *on fire*

Tiket Fisik Universal Studios Japan (USJ) dari Panorama Tours

Jadi kalo mau beli tiket USJ dari Surabaya, sebenernya ada beberapa pilihan, tergantung anda mau yang mana. Overall, pelayanan di Panorama Tours ini yang paling emang luar biasa banget, bintang lima! Mulai dari harganya, pelayanannya, keramahannya, kecepatannya, semua juara! Makasih Mbak Jingjing dan mbak-mbak di sebelahnya *maaf ga nanya namanya juga* yang udah bantuin dari awal sampe akhir *terharu*. Ini bentuk terima kasih kami dengan mempromosiin Panorama di blog, siapa tau nanti banyak temen-temen di Surabaya ataupun juga kota lainnya yang ke Panorama buat beli tiket USJ juga *wink*.

Panorama Tours Cabang Surabaya
Jalan Kayoon No. 9B Surabaya 60271
Telp. (031) 5355989 - Website http://www.panorama-tours.com/
Open Hours: 9.00 to 17.00

1. Wah thanks banget ya infonya.

Baru tau kalo bisa beli lewat travel agent di indonesia. Kebetulan mau ke USJ juga bulan Mei ini. Semoga pas saya beli, pas yen nya juga lagi oke :)

1. Iya setelah perjuangan cari-cari, nemu juga yang jual tiket ini di Indonesia.
      Enjoy your trip ya ke Jepangnya Mei nanti! :)

2. Hai mas
    Situsnya panorama itu m.panorama-jtb.com itu bukan ya?