Skip to main content

Featured

Umroh bersama Shafira Tour & Travel Surabaya

Assalamu'alaikum temen-temen, akhirnya saya putuskan buat menyambung cerita yang kemarin saat saya riweuh ngurusin vaksin meningitis ke KKP Juanda Surabaya ( KLIK DISINI ). Kali ini saya bakal review dan berbagi pengalaman saya umroh pada bulan Januari 2018 lalu sekeluarga dengan menggunakan jasa Shafira Tour & Travel Surabaya. Hayo, coba tanya deh siapa yang nggak tau travel fenomenal satu ini. Travel ini bisa dibilang paling hits se-Jawa Timur dan selalu jadi rekomendasi orang-orang. Bapak/ibu pejabat di Jawa Timur semacam Gus Ipul dan Pak Karwo sekeluarga juga pasti andalannya kalo umroh sama haji pasti pake travel satu ini. Bahkan yang terbaru yang saya dengar langsung dari cerita si owner dan CEO-nya, siapa lagi kalo bukan Bapak Andi Alamsyah , Shafira adalah travel yang kedapetan megang jama'ah haji terbesar se-Indonesia untuk keberangkatan tahun 2018 ini. Subhanallah ya Pak, Alhamdulillah. Sukses terus bisnisnya. Ceritanya saat itu saya dan keluarga memilih

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di Surabaya

Hi again! Sudah lama saya tidak menulis di blog ini, sebenarnya saya ingin beralih media ke vlog dan membuka channel Youtube agar lebih menarik dan mudah dipahami daripada harus menulis panjang, namun saya belum berhasil mengumpulkan niat yang nyata untuk hal itu, mungkin soon yah~ Oke lanjut, disini saya akan membagikan pengalaman saya untuk membuat SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba / NAPZA) di Surabaya.



SKBN pasti dibutuhkan anda, terutama bagi yang akan melamar pekerjaan, mulai CPNS, sekolah kedinasan, TNI/Polri, BUMN hingga perusahaan swasta, ataupun untuk melanjutkan studi pascasarjana. Biasanya perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi tersebut akan menjadikan SKBN ini menjadi salah satu persyaratan disamping SKCK dan Surat Keterangan Sehat. Sama seperti anda yang saat ini membaca tulisan saya, sebelumnya tentu saya googling untuk mencari informasi terlebih dahulu dimana sih kita bisa buat SKBN di Surabaya.

Hal yang pertama saya temukan di internet (dan mungkin anda juga) pasti tidak lain adalah membuat di GDC (Gedung Diagnostic Centre) atau Pusat Diagnostik RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Kedua, di RSU Haji Surabaya. Info tersebut kemudian saya cross-check terlebih dahulu dengan rumah sakit yang bersangkutan, dan memang benar di GDC kita bisa bikin SKBN, sedangkan untuk RSU Haji Surabaya sudah tidak melayani pembuatan SKBN ini yah.

Meskipun saya sudah mendapat informasi mengenai pembuatan SKBN di RSUD Dr. Soetomo, pada akhirnya saya tidak membuat SKBN disana. Adapun saya butuh SKBN ini untuk persyaratan melanjutkan studi pascasarjana dan dari pihak universitas meminta SKBN dari kepolisian, bukan dari rumah sakit pemerintah, alhasil saya mencari SKBN ke kepolisian. Mungkin bisa ditanyakan dan dipastikan ke perusahaan/lembaga/instansi masing-masing ya, apa boleh SKBN dari RS pemerintah atau hanya boleh dari pihak kepolisian saja.

Intinya, berdasarkan informasi dari mbak-mbak bripda polisi di Polrestabes Surabaya *makasih mbak informasinya*, untuk membuat SKBN sendiri di Surabaya bisa di tempat-tempat berikut:
  1. Gedung Diagnostic Centre (GDC) Lt. 6, Ruang Forensik, RSUD Dr. Soetomo Surabaya
  2. Poliklinik Polrestabes Surabaya (Jl. Rajawali No. 43 Surabaya)
  3. RS Bhayangkara Moh. Dahlan - Polrestabes Surabaya (Jl. Sriti No. 2 Surabaya)
  4. RS Bhayangkara HS Samsoeri Mertojoso - Polda Jatim (Jl. Ahmad Yani No. 116 Surabaya)

Untuk kalian yang tidak ditentukan SKBN harus dibuat oleh siapa maka bisa memilih salah satu tempat tersebut dengan bebas. Nah apabila dimintanya adalah SKBN dari pihak kepolisian, maka 3 tempat terakhir adalah jawabannya karena SKBN yang dikeluarkan ketiganya menggunakan kop kepolisian. Saya sendiri memutuskan untuk membuat di Rumah Sakit Bhayangkara Moh. Dahlan di Jalan Sriti No. 2, letaknya dekat dengan Polrestabes Surabaya, masih satu kompleks sih, di bagian paling belakang. Jadi yang saya jabarkan selanjutnya di bawah ini adalah tentang SKBN di RS Bhayangkara tersebut ya, bisa saja sama dengan RS/poliklinik kepolisian di tempat lain.


Untuk membuat SKBN dari kepolisian ini, persyaratan yang dibutuhkan adalah 1 lembar fotokopi KTP dan 2 lembar pas photo 4x6 pakaian berkerah resmi dengan latar belakang merah. Biayanya pada saat itu (April 2018) sebesar Rp. 140.000 untuk pemeriksaan 6 macam zat (THC, Methamphetamine, Amphetamine, Morfin, Benzodiazepin, Kokain).

Adapun waktu pemeriksaan dan pembuatan SKBN ini sendiri membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam *jadi gabisa langsung kilat selesai kayak bikin SKCK ya temen-temen*. Anda akan diminta untuk mengumpulkan sampel urin anda terlebih dahulu di satu tabung kecil dan menyerahkannya ke pihak RS, dan hasilnya baru keluar 2 jam setelahnya, jadi anda boleh pergi dulu dan kembali lagi nanti untuk mengambil hasilnya. Tenang saja, untuk RS Bhayangkara ini buka 24 jam setiap hari jadi anda bisa mengambilnya kapan saja.

Saya kemarin kesana datang sekitar jam 10.30, SKBN saya pun sudah selesai dan saya ambil pada sore harinya. Oh ya, bagi yang butuh legalisir mungkin bisa diinformasikan ke petugasnya. Tempat fotokopi terdekat ada di sebelah Polrestabes Surabaya. Hope it helps! :)


Rumah Sakit Bhayangkara Moh. Dahlan - Polrestabes Surabaya
Jl. Sriti No. 2 Surabaya - Telp. 031-3551043
Operational Hours: 24 HOURS


Comments

  1. Sekarang rs haji sdh bisa lagi pak, biayanya 260rb, saya tanya desember awal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarkah RSU haji bisa untuk tes kesehatan SKBN untuk cpns kak?

      Delete

Post a Comment

Popular Posts